Danjen Kopassus, Tingkatkan Profesionalitas Prajurit Kopassus yang Modern

JAKARTA - Brigjen TNI Widi Prasetijono bertekad untuk meningkatkan soliditas dan profesionalitas prajurit Kopassus, menjadikannya mencintai dan dicintai oleh rakyat. 

Hal tersebut  disampaikannya dalam upacara penyerahan Satuan Kopassus dari Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa kepada Brigjen TNI Widi Prasetijono di Lapangan upacara  Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin 31 Januari 2022. 

"Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugrah yang diberikan, serta kepercayaan pimpinan TNI AD yang memberikan kesempatan kepada saya, untuk memimpin satuan terbaik ini," ujarnya kepada wartawan. 

"Selaku Danjen ke-34, saya akan meneruskan perjuangan yang sudah dilakukan para senior, meningkatkan soliditas dan profesionalitas prajurit Kopassus dan yang terpenting, bagaimana Kopassus bisa mencintai dan dicintai oleh rakyat," jelas Danjen Kopassus. 

Lebih jauh Abituren Akademi Militer tahun 1993 ini mengatakan, seiring dengan serah terima jabatan yang dilakukan, dirinya siap menakhodai Kopassus sebabagai Danjen ke-34, untuk memimpin dan melayani seluruh anggota Kopassus, untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara. 

"Untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhann wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa Indonesia, dengan terus meningkatkan kualitas profesionalitas prajurit kopassus yang modern, dilandasi semangat juang yang tinggi," paparnya. 

Sementara itu, Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa sebelumnya mengatakan, Kopassus saat ini tengah melakukan berbagai kegiatan signifikan, menata dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan prajurit melalui pendidikan dan latihan. Serta melaksanakan evaluasi untuk kesempurnaan organisasi dalam melaksanakan tugas operasi di dalam dan luar negeri. 

"Semua program sudah saya buat dan rancang, saya desain, tinggal nanti Pak Widi yang melanjutkan tugas-tugas tersebut. Tentunya beliau memiliki inovasi dan impprovisasi yang lebih bagus, dan saya yakin itu. Ini amanah yang cukup berat, membawa nama besar kopassus melaksanakan tugas-tugas negara," pesannya. 

Sebelumnya, Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin serah terima jabatan sejumlah jabatan Pangkotama  hingga Panglima Kodam jajaran TNI TNI, termasuk serah terima jabatan Danjen Kopassus dari Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa kepada Brigjen TNI Widi Prasetijono, yang digelar di Markas Besar TNI AD, Jakarta. 

Untuk diketahui, Brigjen TNI Widi Prasetijono lahir di Trenggalek, Jawa Timur pada 4 Juni 1971. Suami dari Novita Permatasari ini sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro sejak 9 April 2020. 

Hadir dalam serah terima satuan Kopassus yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat kali ini antara lain, Wadanjen Kopassus Brigjen TNI Deddy Suryadi, Ir Kopassus Brigjen TNI, Danpusdiklatpassus Brigjen TNI Thevi A. Zebua, para Pamen Ahli dan Asisten, Komandan Satuan, Kabalak serta prajurit dan PNS Kopassus